Tradisi Hafalan Di Pondok Pesantren

Salah satu kelebihan pendidikan pondok pesantren, selain masalah adabiyah dan Ubudiyah, ada satu lagi yang menurut saya sangat teramat penting, yaitu tentang Hafalan. Jika putra putri anda masuk pesantren jangan heran, selain di ajari baca tulis dan praktek tentang ilmu ibadah, rata-rata santri juga di tuntut untuk menghapalkan mata pelajaran tertentu, seperti Aqidatul Awam, Al jurumiyah, Imrithi, Alfiyah Bahkan Tidak sedikit yang menghapalkan Alqur’an. Nah Mantab bukan?

Jadi khusus untuk anda yang ingin putra putrinya dapat pendidikan yang mumpuni maka pondok pesantren adalah pilihan yang tepat, anda bisa mempercayakan pendidikan putra putri anda disana. Banyak untungnya, selain diajari soal agama, dipesantren secara otomatis putra putri anda dididik untuk bersosial bersama teman teman di Asrama pendidikan pesantren. Bagusnya lagi, temanya tadi juga santri yang sudah barang tentu pernah ngaji. Jadi kemungkinan salah pergaulanpun bisa diminimalisir dan masih banyak lagi kelebihan lainya.

Kembali lagi tentang tradisi hafalan di pondok pesantren, menghapalkan sebuah nadzoman di pondok pesantren, bukan sekedar setoran di hadapan ustadz tapi seperti ada nilai kebanggaan sendiri saat malam jumat, disaat semua santri berkumpul untuk menghapalkan seluruh nadzoman secara menyeluruh, bagi yang hapal diluar kepala tentu bisa menyanyikan baitnya sambil berjoget ria, sedangkan yang tidak begitu hapal yang menundukan kepala sambil baca baca .

Suasana hapalan akan semakin seru jika ditambah dengan tabuhan dan tepuk tangan yang saling bersautan. Semakin banyak yang hapal maka semakin ramai suara riuh ria nazdoman yang dikumandangkan. Pokoknya asyik banget dech

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: